Tips Membentuk Otot Punggung Dengan Mudah

Tips Membentuk Otot Punggung Dengan Mudah

Pull up merupakan latihan yang cukup berat karena Anda harus mengangkat beban tubuh Anda sendiri. Banyak orang tidak menyukai latihan pull up karena tingkat kesulitannya yang tinggi sementara ada banyak pilihan lain yang lebih mudah.

Bagi pemula, melakukan satu repetisi pull up memerlukan usaha yang sangat besar. Akan tetapi, semakin besar usaha yang dikeluarkan, semakin besar pula hasil yang akan didapat.

Pull up merupakan latihan yang melatih beberapa kelompok otot tubuh bagian atas sekaligus. Secara spesifik latihan ini akan menguatkan otot-otot punggung, bahu, lengan dan juga melatih kekuatan cengkraman jari-jari tangan.

Selain itu, pull up juga melibatkan otot inti karena gerakan ini membutuhkan stabilitas yang tinggi.

Cara melakukannya

Sama seperti latihan yang lain, pull up juga harus dilakukan dengan teknik yang benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan menghindari risiko cedera.

Berdirilah di bawah palang, pegang palang dengan overhand grip, tekuk kedua lutut dan silangkan kaki, biarkan tubuh bergantung kemudian angkat tubuh dengan gerakan yang terkontrol sampai dada mendekat ke palang.

Kembali turunkan tubuh ke posisi awal dengan tempo yang sama seperti ketika mengangkat tubuh.

Pada saat melakukan gerakan pastikan otot inti aktif supaya pinggul dan kaki tidak bergerak maju mundur atau bergoyang, kedua siku tetap terbuka sejajar dengan lantai dan kunci bahu supaya tidak bergerak atau melengkung ke depan.

Otot punggung sendiri merupakan bagian tubuh yang kompleks dan luas. Pull up merupakan salah satu latihan untuk otot punggung atau lattisimus dorsi atau, bahasa umumnya, sayap.

Pull up dilakukan dengan cara bergantungan pada sebuah palang dengan cengkraman sedikit lebar dari bahu. Rentang tangan yang menggenggam palang jangan terlalu lebar agar tidak mengurangi tekanan pada otot yang dilatih.

Lalu angkat tubuh sampai dagu sejajar atau sedikit melewati palang. Selain lattisimus dorsi, sebagai otot utama yang dilatih, pull up juga melibatkan otot bisep dan lengan bawah. Oleh karena itu kunci untuk pull up dengan baik adalah melatih kekuatan otot bisep dan lengan bawah.

Variasi lain dari latihan ini adalah posisi reverse atau tangan menghadap ke belakang dengan pegangan sedikit lebih masuk dari posisi pull up biasa. Variasi ini cocok bila Anda masih pemula dan belum cukup kuat untuk melakukan pull up biasa. Anda bisa juga melakukannya di mesin pull up yang memberikan bantuan dengan spotter beban tambahan untuk mengurangi tekanan dari bobot tubuh Anda.