Tips Melatih Otot Jari Tangan Dirumah

Tips Melatih Otot Jari Tangan Dirumah

Gila fitnes – Kekuatan otot jari sangat diperlukan bagi kehidupan sehari-hari. Dalam aktivitas keseharian misalnya membawa barang, memindahkan barang, Menulis, dan lain sebagainya. Semua membutuhkan kekuatan otot jari. Gangguan pada kekuatan otot jari dapat menghambat aktivitas kerja kita.

Kekuatan otot jari juga sangat diperlukan untuk olahraga. Dalam olahraga panjat tebing kekuatan otot jari adalah modal yang paling utama. Manfaat kekuatan otot jari juga sangat diperlukan bagi Kipper sepak bola atau kipper futsal, dan pemain musik gitar. Untuk melatih dan memiliki otot jari yang kuat, kita dapat melalui beberapa latihan. Beberapa latihan kekuatan otot jari ada beberapa versi, misalnya latihan kekuatan otot jari untuk olahraga bela diri dan latihan kekuatan otot jari untuk aktivitas keseharian. Cara melakukan latihan berbeda-beda namun tujuannya sama yaitu untuk melatih kekuatan otot jari.

Beberapa gerakan atau aktivitas yang dapat dilakukan untuk melatih kekuatan otot jari adalah:

  • Latihan meremas-remas per. Latihan ini dengan menggunakan alat pegas seperti per atau benda yang terbuat dari karet yang dapat kembali lagi setelah di remas dengan menggunakan jari-jari tangan. Benda yang dapat digunakan harus kenyal.
  • Memegang dan menjijing benda berat yang diikat dengan tali kemudian di angkat dengan menggunakan jari-jari tangan
  • Push-up dengan menggunakan jari-jari tangan untuk tumpuan
  • Crush Grip adalah pegangan antara jari-jari Anda dan telapak-yang Anda gunakan untuk berjabat tangan dan meremas kaleng bir.
  • The Pinch Grip adalah pegangan antara jari-jari dan ibu jari Anda. Hal ini dapat lebih melatih kekuatan otot jari mulai dari ibu jari sampai jari kelingking

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam senam jari adalah:

  • Senam Jari sebaiknya dilakukan secara rutin. Luangkan waktu dalam melakukan senam jari, kita harus fokus pada senam itu sendiri. Meskipun tidak terlalu lama dalam melakukan senam jari, asalkan fokus pasti hasilnya dapat terasa dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  • Alat bantu senam jari dapat menggunakan alat yang dapat di beli di toko, atau pemberat jari tradisional. Tujuannya adalah membiasakan jari untuk menanggung beban.
  • Latihan dilakukan dalam tempo yang rendah sesuai kemampuan kita, dan nanti ditambah berkala sesuai perkembangan
  • Disiplin Senam jari dilakukan berkala dengan waktu yang ditentukan dan terjadwal.