Tips Fitnes Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

Tips Fitnes Yang Baik dan Benar Untuk Pemula

1. Biasakan Dirimu Untuk Berolahraga

Mendatangi tempat gym memang merupakan suatu permulaan yang bagus, tapi kamu tidak akan merasakan perubahan yang positif dalam pikiran dan badanmu kecuali kamu menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan. Hal ini memang dapat terasa sangat sulit untuk dilakukan, terurama jika kamu merasa bahwa kamu sudah memiliki jadwal harian yang penuh.

Tapi kalau kamu ingin berhasil dalam upayamu membentuk otot tubuh, melakukan fitnes secara rutin sebanyak 3-4 kali seminggu merupakan hal yang sangat penting. Tentunya bukan hal yang mudah untuk menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, tapi jika kamu sudah dapat membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin, kamu akan merasa ada yang kurang dalam keseharianmu jika kamu tidak berolahraga.

Para ahli mengatakan bahwa dibutuhkan waktu 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan. Jadi pastikan kamu tidak melewatkan rutinitas olahragamu dalam 21 hari ke depan.

2. Angkat Beban Sesuai Dengan Kemampuanmu

Para pemula seringkali belajar dari apa yang mereka lihat. Hal ini sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang buruk. Tapi jika kamu meniru seseorang yang mengangkat beban dengan tidak benar, berarti kamu juga akan melakukannya dengan tidak benar.

Seringkali postur tubuh yang buruk diakibatkan karena seseorang berusaha untuk mengangkat beban yang terlalu berat. Kamu tidak perlu terburu-buru ingin mengangkat beban yang lebih berat. Hal yang penting adalah belajar untuk mengkontraksikan ototmu untuk menggerakkan beban. Semakin baik kamu dapat mengkontraksikan setiap kelompok otot dengan benar ketika mengangkat beban, semakin besar ototmu akan berkembang.

3. Lakukan Gerakan Compound

Seorang pemula biasanya gampang tertarik dengan teknik latihan kompleks yang ditemukan pada majalan atau artikel online. Kalau kamu belum pernah fitnes di gym sebelumnya atau belum pernah fitnes dalam jangka waktu yang lama, melakukan gerakan isolasi yang hanya memfokuskan pada satu otot saja tidak akan memberikan hasil yang kamu inginkan.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik bagi perkembangan otot dan pembakaran lemak, mulailah latihan fitnes dengan gerakan compound seperti squat, bench press, shoulder press, bent-over row, deadlift, dan lunge. Gerakan-gerakan tersebut akan melatih beberapa kelompok otot secara bersamaan.

Dengan melakukan hal tersebut, kamu dapat mengangkan beban yang lebih berat, melatih lebih banyak otot dan meningkatkan kecepatan metabolismemu menjadi lebih baik daripada jika kamu hanya melakukan gerakan isolasi.

4. Lakukan Gerakan Dengan Postur Yang Sempurna

Cara fitnes yang benar sangat berpengaruh pada performa fitnesmu serta hasil yang akan kamu dapatkan. Bagaimana postur tulang belakangmu ketika kamu melakukan angkan beban memiliki dampak yang besar terhadap tubuh dan jumlah beban yang dapat kamu angkat.

Kecuali kalau kamu merupakan seorang atlet angkat beban atau dilatih untuk melakukan angkat beban dengan cara tertentu, akan jauh lebih baik kalau kamu menjaga agar punggung bagian bawahmu agak melengkung, bagian dada tegap di atas dan kepala serta leher dalam posisi yang netral, terlepas dari angkat beban seperti apapun yang kamu lakukan.

5. Lakukan Diet Dengan Sungguh-Sungguh

Cara fitnes yang benar bukan hanya tentang hal-hal teknis seperti gerakan apa saja yang kamu lakukan, berapa berat beban yang kamu angkat, atau berapa repetisi yang kamu lakukan. Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang kamu inginkan, kamu juga harus memperhatikan asupan makananmu.

Hanya karena kamu fitnes, bukan berarti kamu dapat menghabiskan sisa harimu dengan makan pizza dan donat. Olahraga yang kamu latihan di tempat fitnes hanya merupakan bagian kecil dari seluruh hal yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan bentuk badan yang ideal. Panduan fitnes yang benar juga mencakup diet yang benar yang juga merupakan kunci dari kesejahteraan secara mental dan fisik.

Lakukanlah pengaturan pola makan dengan benar sebelum kamu mencemaskan hal-hal lainnya. Nutrisi bukan merupakan hal yang sulit. Kamu bisa memulai dengan menyingkirkan segala macam makanan olahan dalam pola makanmu dan makanlah makanan berprotein dan sayur – sayuran.