Manfaat Kandungan Chormium

Chromium memiliki peran yang penting dalam sistem metabolisme tubuh dan proses penyerapan karbohidrat, kolesterol, protein, serta sintesa asam lemak. Selain itu, chromium juga memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi hormon insulin yang bertugas dalam memproses sistem metabolisme tubuh. Para peneliti dari Amerika Serikat memperkirakan kurang lebih 95 juta penduduknya memiliki permasalah kesehatan yang berhubungan dengan insulin, yaitu resistensi insulin.

Resistensi insulin merupakan suatu keadaan dimana jumlah normal insulin tidak tercukupi untuk bisa menghasilkan suatu respon insulin dari sel otot, hati, dan lemak. Bahkan, resistensi insulin ini sudah berkembang menjadi penyakit diabetes tipe 2. Kondisi resistensi insulin dapat terjadi pada mereka yang memiliki bobot tubuh berlebih dan bertambahnya usia.

Umumnya, diabetes tipe 2 terjadi karena adanya peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Peningkatan tersebut berhubungan dari adanya resistensi insulin. Jika dibiarkan, diabetes tipe 2 dan resistensi insulin bisa menyebar ke masalah kesehatan lainnya seperti obesitas, penyakit jantung, kebutaan, stroke, dan darah tinggi.

Penelitian terbaru yang dikeluarkan oleh American Diabetes Association menemukan fakta bahwa chromium picolinate mempu mengendalikan diabtes. Penelitian tersebut dilakukan pada subyek penderita diabetes yang mengonsumsi chromium picolinate. Hasilnya, kadar gula darah yang ada pada penderita diabetes tersebut menurun secara signifikan. Para peneliti juga mengatakan bahwa chromium picolinate sebanding atau bahkan bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan obat serta perawatan diabetes tipe 2. Jadi, mengonsumsi suplementasi chromium bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mereka yang memiliki masalah diabetes.

Chromium bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber makanan. Namun, Chromium pada sumber makanan ini hanya memiliki jumlah yang terbatas dan tidak banyak. Berikut daftar makanan yang memiliki kandungan chromium:

  1. Brokoli, 1/2 mangkok : 11 mcg
  2. Jus Anggur, 1 cangkir : 8 mcg
  3. English Muffin, gandum utuh, 1 : 4 mcg
  4. Kentang, dihaluskan, 1 mangkok :3 mcg
  5. Bawang putih, dikeringkan, 1 sdt : 3 mcg
  6. Basil, dikeringkan, 1 sdm : 2 mcg
  7. Daging sapi, 3 ons : 2 mcg
  8. Jus jeruk, 1 cangkir : 2 mcg
  9. Dada kalkun, 3 ons : 2 mcg
  10. Roti gandum utuh, 2 potong : 2 mcg
  11. Anggur merah, 5 ons : 2 mcg
  12. Apple, tidak dikupas, 1 sedang : 1 – 13 mcg
  13. Pisang, 1 sedang : 1 mcg
  14. Kacang hijau, 1/2 mangkok : 1 mcg