Manfaat Echinacea dan Gingseng Untuk Tubuh

Manfaat Echinacea dan Gingseng Untuk Tubuh

Gila fitnes – Menjaga daya tahan tubuh dapat mengurangi resiko terserang penyakit. Daya tahan tubuh yang lemah menjadi sasaran bagi kuman penyebab penyakit untuk menyerang pertahanan tubuh anda.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, diperlukan penerapan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur dan memakan makanan yang sehat dan cukup gizi. Untuk memenuhi semua itu, terdapat 2 jenis tanaman herbal yang baik dan dapat dikonsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh.

1. Echinacea

Echinacea

Echinacea adalah tanaman herbal berbunga yang tumbuh di Amerika dan Kanada dan telah digunakan sebagai obat selama berabad-abad. Daun, batang, bunga, dan akar echinacea dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan suplemen, teh, dan juga ekstrak yang berbentuk cair. Mengonsumsi echinacea secara teratur mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi berbagai gejala flu, pilek, dan juga infeksi.

Tanaman yang satu ini memiliki tinggi sekitar 30 sampai 60 cm dengan kepala biji berbentuk kerucut dan biasanya berwarna coklat gelap atau merah, tergantung spesiesnya. Tiga spesies echinacea yang biasanya digunakan sebagai obat herbal yaitu:

  • Echinacea angustifolia – coneflower berdaun sempit.
  • Echinacea pallida – coneflower ungu pucat.
  • Echinacea purpurea – coneflower ungu.

Dikutip dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa echinacea mampu meningkatkan sel darah putih di dalam tubuh yang dapat membantu melawan infeksi. Tanaman ini mengandung senyawa echinacein yang dapat menghambat bakteri dan virus yang masuk ke sel-sel yang sehat.

Selain itu, banyak bukti menunjukkan senyawa pitokemikal yang terdapat dalam echinacea dapat mengurangi infeksi dan tumor yang diakibatkan oleh virus. Echinacea juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, mengurangi peradangan, hingga mengobati masalah kulit.

2. Ginseng

ginseng

Ginseng telah populer sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuktikan khasiat ginseng pada sistem kekebalan tubuh, dilakukan penelitian pada 36 orang yang menderita kanker perut dan telah menjalani operasi. Peneliti memberikan 5.400 mg ginseng setiap hari selama dua tahun. Hasilnya, para pasien ini mengalami peningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengalami kekambuhan gejala yang lebih rendah dari sebelumnya.

Penelitian lain meneliti efek ekstrak ginseng merah pada sistem kekebalan tubuh orang dengan kanker perut yang telah menjalani kemoterapi pascaoperasi. Setelah tiga bulan, pasien yang diberikan ekstrak ginseng merah mengalami perbaikan kondisi yang menandakan sistem kekebalan tubuhnya mengalami peningkatan dibandingkan dengan pasien yang tidak diberikan ekstrak ginseng merah.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng memiliki kesempatan hidup 35 persen lebih tinggi untuk terhindar dari berbagai penyakit selama lima tahun setelah operasi. Tak hanya itu, orang yang mengonsumsi ginseng juga memiliki ketahanan tubuh 38 persen lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsinya.

Banyak ahli juga menemukan fakta bahwa ginseng berfungsi sebagai antioksidan dan menyembuhkan peradangan, membantu mengobati flu, gejala menopause, tekanan darah tinggi, kelelahan, hepatitis C, dan berbagai penyakit lainnya.

Ginseng merupakan obat herbal yang aman dikonsumsi dan tidak mempunyai efek samping yang serius. Namun bagi anak-anak dan wanita hamil maupun menyusui yang ingin mengonsumsi bahan herbal ini, sebaaiknya perlu mengonsultasikan ke dokter.