Manfaat BCAA Untuk Performa Latihan

Manfaat BCAA Untuk Performa Latihan

Gila fitnes – Suplemen BCAA (branched-chain amino acid) merupakan jenis suplemen yang mengandung tiga asam amino esensial, seperti leusin, isoleusin, dan valin. Ketiga nutrisi ini biasanya dapat anda peroleh dari konsumsi makanan sumber protein, seperti daging, susu dan produk susu, dan kacang-kacangan.

Bagi anda yang suka pergi ke gym atau suka berolahraga, anda mungkin tidak asing lagi dengan suplemen ini. Banyak orang memanfaatkan suplemen ini untuk meningkatkan performa selama berolahraga dan untuk membentuk otot.

Tubuh tidak bisa menghasilkan BCAA dengan sendirinya, sehingga anda butuh mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung BCAA. BCAA diperlukan untuk menghasilkan energi ketika cadangan glikogen di tubuh anda habis. Kondisi ini sering terjadi saat anda melakukan olahraga berat, sehingga konsumsi makanan atau suplemen BCAA dibutuhkan.

Beberapa manfaat dari suplemen BCAA adalah:

1. Meningkatkan massa otot

Banyak orang mengonsumsi suplemen yang mengandung BCAA dengan tujuan untuk meningkatkan massa otot. Ya, BCAA memang terbukti dapat meningkatkan massa otot, terutama jika mengandung leusin yang lebih banyak dibandingkan isoleusin dan valin. Tampaknya, leusin mempunyai peran paling penting dalam pembentukan otot.

Menurut penelitian, BCAA juga terbukti dapat mengaktifkan enzim yang bertanggung jawab dalam pembentukan otot. BCAA dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan sintesis protein untuk pembentukan otot dan juga menurunkan degradasi protein (kerusakan otot).

2. Membantu menurunkan berat badan

Leusin juga dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak dan menyeimbangkan kadar gula darah. Kandungan leusin dan isoleusin dalam suplemen BCAA dapat meningkatkan produksi insulin, sehingga otot dapat menyerap gula lebih banyak dan kemudian menurunkan kadar gula darah anda. Kadar gula darah yang seimbang mampu mencegah anda dari kenaikan berat badan. Dengan cara ini, konsumsi BCAA dapat membantu anda dalam menurunkan berat badan.

3. Mengurangi nyeri otot setelah olahraga

Konsumsi BCAA sebelum atau setelah olahraga terbukti dapat mengurangi nyeri otot yang anda rasakan setelah olahraga. Hal ini dilakukan BCAA dengan cara menurunkan kadar enzim kreatin kinase dan laktat dehidrogenase, yang berhubungan dengan kerusakan otot. Dengan cara ini, BCAA dapat mempercepat pemulihan dan melindungi anda dari kerusakan otot.

Selain itu, BCAA juga dapat membantu mengurangi kelelahan setelah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa BCAA dapat meningkatkan ketahanan terhadap kelelahan dan membantu anda menghemat energi yang tersimpan dalam otot.