Cara Membentuk Otot Biceps Dengan Mudah

Cara Membentuk Otot Biceps Dengan Mudah

Fokus Pada Otot Biceps
Otot biceps adalah salah satu otot tangan pada bagian depan. Memang antara otot biceps dan otot triceps memiliki kesamaan, yakni sama-sama otot pada lengan. Yang membedakan adalah letaknya, otot biceps berada pada bagian depan, sedangkan otot triceps berada pada bagian belakang.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki otot biceps yang telah terbentuk pada lengannya. Hanya saja ukurannya yang berbeda. Terbentuknya otot biceps tersebut dikarenakan aktivitas sehari-hari yang dilakukan dengan tenaga, misalnya mengangkat, menarik, atau mendorong. Maka tak heran jika orang-orang yang bekerja kasar, cenderung memiliki otot biceps yang lebih besar daripada orang kerja kantoran.

Biasanya otot biceps adalah salah satu otot yang dibentuk pertama kali saat Anda mengikuti latihan kebugaran. Terbentuknya otot biceps juga relatif lebih mudah daripada otot lainnya. Kendati lebih mudah, diperlukan konsisten dan daya tahan yang cukup untuk melakukannya.

Cara Melatih Otot Biceps
Anda bisa membentuk otot biceps dengan beberapa metode, mulai dari frekuensi ringan, sedang, sampai besar. Namun, untuk menghindari keram otot, ada baiknya Anda melatih otot biceps dengan frekuensi ringan hingga sedang saja. Biasanya, pelatih kebugaran menyarankan untuk melakukan latihan dumbbell curl, hammer curl, dan barber curl bagi pemula yang ingin melatih otot biceps.

Bobotnya pun disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika Anda hanya mampu 4kg, maka jangan dipaksakan untuk menambah bobotnya. Latihlah secara bertahap, bukan secara langsung dengan memforsir tenaga. Nanti dengan sendirinya kemampuan Anda akan bertambah seiring dengan terbentuknya otot biceps pada lengan Anda.