8 Hal Ini Sering Dilupakan Saat Latihan

8 Hal Ini Sering Dilupakan Saat Latihan

Gila fitnes – Aktifitas fitnes sangat identik dengan berlatih otot untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal. Untuk mendapatkan otot yang di inginkan, semua tidak ada yang instan, melainkan memerlukan proses. Selain itu gerakan yang benar, pola latihan serta jam istirahat juga sangat mempengaruhi keberhasilan fitnes seseorang.

Faktanya, masih banyak yang belum menyadari jika beberapa hal seperti jam istirahat serta pola latihan sangat mempengaruhi keberhasilan fitnes seseorang.

Berikut beberapa hal yang sering dilupakan ketika berlatih.

1. Kekurangan waktu istirahat

Kalau kamu cuma fokus di angkat beban tanpa memperhatikan jam istirahatmu, jangan harap kamu bisa mendapatkan hasil yang optimal. Ingat, pertumbuhan otot terjadi bukan pada saat otot dipakai beraktivitas, justru saat otot beristirahat.

2. Teknik latihan tidak benar

Perlu kamu ingat juga bahwa fitness bukan sekadar mengangkat beban, tapi teknik mengangkat beban juga memegang peran yang besar. Selain untuk menghindari cedera, kamu juga bakalan mengerti otot mana yang kamu latih saat melakukan latihan tertentu.

3. Tidak fokus saat latihan

Tempat fitness isinya kan bukan cuma kaum adam saja, terkadang fokusmu bisa bergeser dari mengejar bentuk tubuh ideal menjadi mengejar cewek-cewek cantik tersebut. Jangan cuma gara-gara ingin merebut perhatian cewek, kamu jadi mengangkat beban yang lebih berat dari biasanya lho ya!

4. Ketergantungan dengan suplemen

Suplemen makanan saat latihan adalah hal yang penting, namun jangan tergantung dengan suplemen karena tugasnya sekadar sebagai penunjang kebutuhan nutrisi yang kurang. Di beberapa kasus, ada orang yang menjai tidak semangat saat latihan ketika dia tidak mengonsumsi suplemen.

5. Tidak tahu batas kemampuan tubuh

Menantang diri sendiri tentu boleh dilakukan, tapi kamu juga harus paham betul batas kemampuan tubuhmu. Jangan memaksakan diri mengangkat beban lebih dari kemampuanmu karena overtraining bisa merugikan tubuhmu sendiri.

6. Tergantung pada alat fitnes mesin dibandingkan manual

Biasanya kesalahan ini dilakukan oleh para pemula yang akhirnya berujung pada kebiasaan. Padahal alat fitness mesin membuat pergerakan otot jadi statis dan tidak bebas. Bila ingin mengembangkan otot, kamu perlu melatih ototmu secara keseluruhan yang bisa didapat dari alat fitness manual.

7. Kurang latihan kardio

Penting untuk diingat, kardio bukan cuma buat orang yang kelebihan berat badan lho! Latihan kardio itu penting buat semua orang karena fungsinya adalah untuk meningkatkan kinerja jantung yang imbasnya pada peningkatan stamina.

8. Latihan tidak terprogram

Bagi yang sudah memakai jasa personal trainer, berbahagialah. Tapi bagi yang tidak menggunakan jasa personal trainer, susunlah program yang dapat memotivasi dirimu sendiri untuk latihan terus menerus sampai membuahkan hasil.