6 Tips Untuk Membentuk Otot Perut

6 Tips Untuk Membentuk Otot Perut

Memang bagi sebagian besar pria, memiliki bentuk tubuh seksi dengan perut six-pack adalah impian. Sebab, selain enak untuk dilihat, bentuk perut seksi menandakan bahwa tidak ada lemak visceral berbahaya yang jadi sumber penyakit berbahaya.

Hal ini pun diamini Randy. Ia menjelaskan bahwa diperlukan kedisiplinan tingkat tinggi disertai fokus sebagai dasar cara membentuk otot perut sehingga perut six pack bisa diraih.

Simak beberapa bocoran olahraga cara membentuk otot perut ala Randy Pangalila berikut ini yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah alias tanpa peralatan olahraga yang canggih atau rumit.

1. Plank

Plank dinilai sebagai aktivitas atau cara membentuk otot perut yang pasif. Namun kenyataannya gerakan menumpu tubuh selama beberapa menit yang dilakukan saat plank dan membuat perutmu menegang, bisa melatih kekuatan otot perut dan lama-kelamaan berguna untuk membuat perut berotot.

Kamu bisa melakukan plank sebagai cara membentuk otot perut selama 1 menit dengan 3 kali repetisi. Dan jika kamu bosan dengan gerakan plank biasa, kamu bisa mencoba side plank atau star plank.

2. Crossover Crunch

Untuk melakukan crossover crunch, sediakan matras dan berbaringlah di atasnya. Cara membentuk otot perut ini menuntutmu untuk menarik salah satu kaki hingga menyentuh sikut sementara kaki yang lainnya lurus. Libatkan kontraksi pada perut sehingga kamu bisa mengangkat kaki dan bahu dari matras secara bersamaan. Hindari menarik bagian leher agar tidak terjadi cedera.

Lakukan crossover crunch sebanyak 15 kali dalam 3 set sebagai cara membentuk otot perut yang maksimal.

3. Flutter kick

Masih memakai matras yang ada, gunakan flutter kick sebagai cara membentuk otot perut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Caranya adalah berbaring lurus. Lalu tempatkan kedua telapak tanganmu di bawah bokong. Kemudian angkat kedua kaki secara perlahan setinggi 10 cm. Lalu lakukan gerakan menendang selama beberapa saat. Kemudian turunkan kaki jika kamu merasa lelah.

Lakukan cara membentuk otot perut ini sebanyak 15 kali yang terbagi dalam 3 set. Tambah repetisinya setiap hari untuk hasil yang maksimal.

4. Reverse Crunch

Cara membentuk otot perut di rumah yang melibatkan beberapa gerakan di dalamnya memang tak jauh-jauh dari penggunaan matras. Contohnya adalah seperti reverse crunch ini.

Sama seperti crossover crunch, kamu juga harus berbaring untuk melakukan reverse crunch. Berbaringlah dengan kaki lurus ke depan. Lalu letakkan kedua tangan di samping badan agar seimbang. Lalu angkat kedua kaki secara perlahan ke atas. Angkat tinggi hingga pinggang juga ikut naik.

Lakukan reverse crunch sebanyak 15 kali dalam 3 set sehingga cara membentuk otot perut ini akan memberikan hasil yang maksimal.

5. Leg raise

Gerakan leg raise tak berbeda dari flutter kick. Bedanya adalah kamu tidak harus melakukan gerakan menendang.

Untuk melakukan leg raise sebagai cara membentuk otot perut, berbaringlah telentang dan lurus. Lalu sisipkan tangan di bawah bokong. Kemudian angkat kaki tinggi hingga bokongmu terangkat. Lalu turunkan.

Lakukan leg raise juga sebanyak 15 kali yang terbagi dalam 3 set untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Sit up

Sit up menjadi cara membentuk otot perut yang pastinya paling mudah dilakukan namun bisa memberikan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan sit up, tentu kamu harus berbaring. Lalu tempatkan tangan di belakang kepala atau samping kepala. Sedangkan kakimu bisa kamu tekuk. Kemudian angkat tubuh bagian atas sekuat mungkin. Jangan sampai kakimu juga ikut terangkat. Kemudian turunkan jika kamu berhasil melakukannya dengan benar.

Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali. Di awal memang biasanya kamu hanya berhasil melakukan di bawah hitungan 10. Namun jika kamu terbiasa melakukannya, maka kamu bisa menambah repetisinya hingga bisa jadi hitungan puluhan atau bahkan ratusan.