6 Teknik Dasar Latihan Bench Press

6 Teknik Dasar Latihan Bench Press

Gila fitnes – Bukan rahasia lagi jika memiliki otot dada yang ideal adalah dambaan bagi para pria. Banyak pria yang mau membentuk otot dada dengan melakukan latihan bench press. Latihan ini adalah latihan yang tepat dan sempurna membentuk otot dada yang paling populer. Namun saat latihan ini perlu dilakukan dengan teknik latihan bench press dan sikap tubuh yang baik agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6 Teknik Dasar Latihan Bench Press

Banyak orang memilih latihan ini karena mudah dilakukan dan memiliki manfaat yang nyata bagi pembentukan otot tubuh bagian atas. Latihan bench press memungkinkan tubuh bagian atas berkontraksi secara maksimal dan cepat. Berikut teknik dasar latihan bench press untuk mencegah risiko cidera.

1. Rapatkan kaki dengan lantai

Kaki memiliki peran yang sangat penting untuk keseimbangan tubuh dalam kondisi apa pun, baik saat latihan, berdiri, berjalan, berlari, dan sebagainya. Saat melakukan latihan bench press, koordinasi dan kekuatan harus diperhatikan, salah satunya dengan merapatkan kaki kamu dengan lantai.

2. Rapatkan badan ke bench

Rapatkanlah seluruh bagian tubuh, mulai dari punggung, pantat, dan bahu sekuat mungkin untuk mencapai stabilitas dan keseimbangan tubuh.

3. Terapkan full range of motion

Full range of motion ini harus kamu terapkan pada tiap latihan kecuali untuk latihan perut. Saat menurunkan beban, kamu tidak menurunkannya hingga meneyentuh dada. Dengan begitu otot dada malah akan kurang terlibat dalam latihan yang tujuannya untuk melatih dada ini. Jadi lakukan gerakan ini secara penuh.

4. Jaga agar pergelangan tangan tetap lurus

Luruskan lengan dan tangan kamu untuk mengurangi tekanan pada ligamen-ligamen di pergelangan tangan.

5. Tahan napas

Segera setelah kamu menghembuskan napas, maka tekanan dalam rongga dada akan turun. Dan ini tidak hanya akan meningkatkan risiko cedera, tapi juga akan menurunkan kekuatan. Ambil napas pada puncak latihan ini, yaitu saat lengan kamu terkunci.

6. Fokus pada dada

Dari 3 otot utama yang terlibat, yaitu dada, bahu dan trisep, maka otot dada-lah yang paling kuat. Banyak orang terlalu menekan bahu dan lengan saat melakukan bench press. Cobalah untuk menekan dada tiap repestisi yang kamu lakukan agar otot dada benar-benar dilatih melalui latihan ini.

Latihan dada dengan bench press tidak akan membentuk dada dengan baik jika latihan ini tidak melibatkan otot dada dengan maksimal. Oleh karena itu, lakukan gerakan ini dengan teknik yang benar, sikap tubuh yang baik dan berat yang tepat.

Jangan terpacu dengan banyaknya jumlah angkatan yang kuat anda angkat. Namun fokus dengan kualitas yang anda dapatkan jika melakukan gerakan bench press yang benar dan tepat.

Latihan bench press berguna untuk meningkatkan kontraksi kelompok otot besar, sehingga meningkatkan power pada otot utama yang terlibat saat melakukan bench press. Ini sejumlah manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan latihan bench press.