5 Tips Untuk Kesalahan Fitnes

Terlalu banyak tidur

Melakukan latihan fitness membutuhkan banyak tenaga untuk melakukannya dalam waktu yang cukup singkat. Semakin lama latihan fitness yang kita lakukan maka semakin rendah tenaga yang terpakai, alhasil semakin rendah pula efektifitas dari latihan tersebut. Tetapi meskipun tahu akan hal ini, tidak sedikit teman-teman fitness yang memiliki asumsi bahwa semakin banyak / lama latihan maka semakin banyak / maksimal pula hasil yang dihasilkan. Hal inilah yang mengakibatkan badan lelah dan akhirnya waktu tidur bertambah signifikan untuk mengistirahatkan otot-otot yang kelelahan. Asumsi ini tidaklah benar 100%.

Tips : Segeralah untuk memotong waktu latihan kalian. Bagi set latihan inti sebagai berikut : 6 hingga 9 set untuk latihan otot kecil dan 9 hingga 12 set untuk latihan otot besar tanpa menghitung pemanasan yang kalian lakukan. Periode waktu latihan untuk latihan kedua otot ini yaitu 20 sampai 30 menit untuk latihan otot kecil, dan 30 sampai 45 menit untuk otot besar termasuk pemanasan dan jeda antar set.

Latihan yang terlalu singkat

Kesibukan bekerja dan terbatasnya waktu untuk berolahraga adalah salah satu faktor yang menghambat proses latihan otot di gym untuk beberapa orang. Hal ini menyebabkan waktu latihan terpotong dan latihan dipercepat untuk efisiensi waktu. Banyak latihan fitness yang membutuhkan waktu untuk menyelesaikan repetisi per latihannya, seharusnya kesalahan yang kedua ini harus dan wajib kalian perhatikan. Dengan mempercepat atau mempersingkat latihan bisa berdampak pada hasil latihan yang kurang maksimal dan hal lainnya yaitu terjadinya cedera latihan.

Tips : Segeralah susun jadwal latihan yang tidak menabrak waktu sibuk bekerjamu, mulailah untuk berlatih dengan tempo yang teratur dan baik. Hindarilah memantul dengan momentum dalam setiap repetisi latihanmu, selain itu juga hindari istirahat antar set yang terlalu singkat (kurang dari 1 menit) hanya demi untuk mengejar target kuantitas latihan. Be smart!

Teknik latihan belum tepat

Melakukan latihan dengan menggunakan teknik yang tepat merupakan inti dari latihan fitness, sesering apapun kalian pergi ke gym tetapi melakukan latihan tidak sesuai teknik yang dianjurkan maka hasilnya akan sia-sia saja. Tidak sedikit orang-orang yang dating ke gym kemudian meniru gerakan yang dilakukan orang lain (yang sudah memiliki badan yang bagus) sehingga gerakan terlihan sama tetapi feel pada otot pastilah berbeda. Penguasaan mind to muscle connection sangatlah diperlukan dengan menggunakan fokus pikiran untuk membuat otot menyerap sebanyak mungkin beban yang diberikan. Semua itu harus dilakukan dengan posisi,postur, dan penguncian beberapa bagian tubuh sehingga tercipta kenyamanan pada saat yang bersamaan.

Tips : Segera perbaiki teknik latihan dengan cara bertanya dengan ahlinya langsung (personal trainer), jika tidak memiliki personal trainer manfaatkan teknologi yang ada sudah banyak sekarang fitness guide di aplikasi smarphone yang teruji efektif digunakan sebagai panduan latihan. Sesuaikan posisi yang paling nyaman untuk bergerak, dengan membangun hubungan yan gkuat antara perintah otak dan pergerakan patuh dari otot.

Tidak tersinkron dengan isyarat tubuh kita

Poin ke empat ini berhubungan antara latihan dengan fitness dengan organ tubuh seseorang yang sedang berlatih. Masing-masing orang memiliki karakter yang unik, setiap saat tubuh manusia mengirimkan sinyal sebagai bentuk umpan balik untuk didengarkan, dievaluasi,dan dipatuhi. Dengan ini sudah menjadi tanggungjawab bagi setiap orang untuk paham tentang tanda isyarat tubuh ketika mengalami kelelahan ataupun ketidaksiapan otot untuk melakukan latihan. Contoh isyarat tubuh diantaranya yaitu rasa pegal yang belum hilang dan bersin-bersin, wajib diperhatikan!

Tips : Perhatikan kondisi tubuhmu secara seksama dan kenali gejala yang muncul sebelum sakit. Waspadalah terhadap virus dan bakteri yang ada disekitar kita. Kenali jumlah detak jantung saat bangun pada pagi hari. Jika jumplah detak jantung 10% diatas normal atau rata-rata, artinya kualitas istirahat masih belum optimal. Untuk mengetahui rata-rata detak jantung pada pagi hari, hitung jumlah detak jantung per menit tepat saat bangun pagi selama 3 hari berturut turut kemudian bagilah dengan 3.

Lebih mementingkan beban angkatan daripada form latihan

Poin terakhir ini adalah dilemma beberapa orang saat berlatih otot di gym. Beban angkatan memang merupakan barometer utama untuk mengukur intensitas latihan namun jika kalian tidak memperhatikan cara mengangkat beban yang benar, bukan tidak mungkin justru cedera otot yang akan kalian dapatkan. Ini keliru!

Tips : Pastikan untuk selalu utamakan teknik latihan dalam 100% waktu kalian berlatih. Tambahkan beban angkatan sesuai dengan kemampuan otot kalian dan lakukan latihan berdasarkan teknik yang baik dan benar serta nyaman tentunya. Ubah mindset dan dapatkan hasil yang maksimal nantinya.