5 Tips Membentuk Otot Lengan dari Gilafitnes

5 Tips Membentuk Otot Lengan dari Gilafitnes

1. Curls

Gerakan ini dapat membentuk otot lengan dengan bantuan barbel atau dumbel. Sebagai permulaan, mulailah dengan memilih beban yang ringan. Posisikan barbel pada kedua sisi tubuh, lalu gerakkan beban ke arah dada.

Pada saat menggerakkan beban, jangan gerakkan siku dan pastikan siku tetap berada di sisi tubuh. Lakukan gerakan ini sebanyak 12 kali. Selain itu, gerakan ini dapat divariasikan dengan curls yang lain. Caranya dengan menekuk siku, lalu menarik beban ke atas (ke arah dada), ulangi sebanyak 12 kali.

2. One-leg rear-delt raise

Gunakan barbell yang beratnya 2-3 kilogram, lalu posisikan di samping tubuh. Posisikan tubuh berdiri dengan merentangkan tangan ke samping sambil membawa beban. Lalu angkat satu kaki ke belakang sambil mencondongkan tubuh ke depan. Tahan posisi tubuh sejajar lurus dari kepala hingga kaki yang diangkat. Lalu turun-naikkan lengan seperti gerakan sayap burung 10-15 kali. Lalu, ulangi dengan kaki yang lain.

3. Push up

Gerakan push up adalah salah satu gerakan olahraga yang paling umum dilakukan. Tidak hanya bisa membakar kalori, gerakan ini ternyata juga salah satu cara membesarkan otot lengan yang efektif.

4. Angkat lengan dan kaki di arah berlawanan

Berlututlah di atas matras, dengan posisi tangan menyentuh lantai sejajar bahu dan lutut sejajar pinggul. Lalu angkat kaki kiri lurus ke belakang, dan bentangkan lengan kanan lurus ke depan. Tahan selama lima detik, lalu lakukan gerakan yang sama dengan kaki kanan dan lengan kiri. Lakukan masing-masing 15 kali. Baca juga: Manfaat Goyangan Pinggul Saat Bercinta

5. Triceps down dog

Posisikan tubuh seperti saat melakukan plank, yaitu kedua telapak tangan serta jari-jari kaki menyentuh lantai, dan kedua siku ditekuk untuk menopang tubuh dalam posisi lurus. Kemudian naikkan pinggul sambil menjaga posisi kedua tungkai dan lengan lurus. Ketika menaikkan pinggul usahakan telapak kaki menyentuh lantai.

Tahan beberapa detik, kemudian kembalikan posisi tubuh seperti saat melakukan plank. Ulangi gerakan ini 10 kali. Selain dapat melatih kekuatan otot, latihan di atas juga berguna dalam menurunkan risiko terjadinya penyakit kronis, seperti osteoporosis, arthritis, sakit punggung, dan bahkan depresi