5 Tips Alami Untuk Menghilangkan Perut Buncit

5 Tips Alami Untuk Menghilangkan Perut Buncit

1. Konsumsi Banyak Serat Larut
Serat larut dapat menyerap air dan kemudian akan membentuk gel yang akan membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Studi menunjukkan jenis serat ini membantu penurunan berat badan dengan cara membuat Anda merasa lebih cepat kenyang sehingga secara alami Anda pun tidak perlu makan terlalu banyak. Selain itu, serat ini juga dapat menurunkan jumlah kalori yang diserap tubuh dari makanan.

Terlebih lagi, serat larut bisa membantu melawan lemak di perut yang menjadi penyebab perut buncit. Sebuah penelitian observasional yang dilakukan selama periode 5 tahun terhadap lebih dari 1100 orang dewasa, menemukan hasil bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, akan menurunkan lemak perut sebesar 3,7%.

Jadi usahakan untuk selalu mengonsumsi makanan berserat tinggi setiap hari seperti wortel, biji rami, alpukat, kacang polong, buah berry dan lainnya agar perut buncit segera pergi menjauhi Anda.

2. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Trans
Lemak trans diolah melalui proses hidrogenasi parsial (menambahkan hidrogen ke dalamnya). Beberapa produk margarin (yang terbuat dari minyak kedelai), mentega putih atau yang biasa disebut shortening, merupakan beberapa jenis produk yang mengandung lemak trans.

Lemak trans memang memiliki keistimewaan yang dapat membuat makanan akan bertekstur enak dan lumer di mulut, terasa krispi, serta rasa dan aromanya gurih dan sedap.

Namun, lemak ini telah dikaitkan dengan peradangan, penyakit jantung, resistensi insulin dan lemak perut pada penelitian dan observasi yang dilakukan pada hewan.

Sebuah studi yang dilakukan selama 6 tahun menemukan bukti bahwa monyet yang mengonsumsi makanan yang tinggi lemak trans memperoleh 33% lebih banyak lemak perut dibandingkan monyet yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal (lemak baik).

Untuk membantu Anda terhindar dari produk yang mengandung lemak trans, caranya dengan membaca komposisi bahannya yang sebagian besar dituliskan dengan nama seperti shortening, partially hydrogenated vegetables oil (minyak sayur yang dihidrogenasi), atau lemak terhidrogenasi.

3. Kurangi Konsumsi Alkohol
Untuk sebagian orang konsumsi alkohol dalam jumlah kecil dapat memberikan manfaat kesehatan, namun akan menjadi sangat berbahaya jika diminum terlalu banyak.

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan terlalu banyak mengonsumsi alkohol dapat menciptakan lemak perut sehingga perut pun akan menjadi buncit.

Studi pengamatan menghubungkan konsumsi alkohol berat dengan peningkatan risiko obesitas secara signifikan, yaitu penyimpanan lemak berlebih di sekitar pinggang.

Jika Anda ingin mengetahui salah satu cara mengecilkan perut buncit, ya inilah salah satu caranya, kurangi atau hindari sama sekali konsumsi alkohol. Ingat ya, manfaat alkohol tidak sebanding dengan resiko kesehatan yang akan Anda dapatkan.

4. Diet Tinggi Protein
Cara mengecilkan perut buncit selanjutnya adalah dengan melakukan diet tinggi protein. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengendalian berat badan.

Asupan makanan yang tinggi protein dapat meningkatkan pelepasan hormon peptida YY (PYY) berlebih, sehingga dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang. Selain itu, protein juga mampu meningkatkan metabolisme dan membantu Anda mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan.

Ada banyak penelitian observasional yang membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah protein.

Mulai sekarang, pastikan untuk memasukkan sumber protein yang baik ke menu makanan Anda, seperti daging, ikan, telur, susu, atau kacang-kacangan.

5. Kurangi Tingkat Stres
Tahukah Anda ternyata stres juga bisa memicu timbulnya lemak perut. Ketika stres, maka akan memicu kelenjar adrenal untuk memproduksi hormon kortisol, yang juga dikenal sebagai “hormon stres”.

Penelitian menunjukkan bahwa kadar kortisol yang tinggi dapat meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut. Terlebih lagi, wanita yang sudah memiliki pinggang besar cenderung menghasilkan lebih banyak hormon kortisol sebagai respons terhadap stres. Peningkatan hormon kortisol akan semakin memicu bertambahnya lemak perut.

Oleh karena itu lakukanlah aktivitas yang menyenangkan yang dapat membuat Anda menjauhi stres. Mempraktikkan yoga atau meditasi bisa menjadi metode yang efektif untuk menghilangkan stres sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit.