4 Kesalahan Fatal Dalam Pembentukan Otot

4 Kesalahan Fatal Dalam Pembentukan Otot

Gila fitnes – Bagi kamu yang ingin membentuk otot dengan melakukan fitnes, kamu harus tahu benar bagaimana cara agar kamu bisa dapatkan hasil yang kamu inginkan. Jangan sampai, uang banyak yang sudah dikeluarkan terbuang percuma karena ototmu tidak membentuk.

Berikut ini beberapa kesalahan fatal yang dapat merugikan untuk masa kembang ototmu.

1. Berlatih pada tempat yang sama terus menerus

Jika kamu memilih olahraga angkat beban, maka melakukannya terus-menerus hanya akan berdampak negatif untuk sendi dan struktur jaringan lunak ototmu. Kamu bisa cidera dan mengurangi kemampuan untuk membangun otot. Buatlah selingan. Yang berat kemudian ringan atau sebaliknya. Berlatih terlalu berat terus sama sekali tidak dianjurkan.

2. Berlatih setengah setengah dan kurang maksimal

Saat kamu mulai melakukan fitness, maka mau tidak mau tubuhmu akan mengalami penyesuaian untuk membentuk dirinya sendiri sesuai yang kamu mau. Tapi, jika kamu berlatih setengah setengah dan kurang maksimal dalam berlatih, kamu sama saja tidak membuat tubuhmu mengalami penyesuaian itu. Malah nantinya kamu akan heran kenapa bentuk tubuhmu masih sama saja.

3. Terlalu lama main kardio

Ketika kamu memutuskan untuk berlatih fitness di pusat kebugara, durasi untuk latihan kardio harus dikurangi, karena jika terlalu sering menggunakan olahraga itu, otot justru tidak dapat berkembang dengan baik.

4. Berlatih terlalu keras

Berlatih terlalu keras juga menyebabkan dampak negatif yang akan menciptakan respon yang tidak baik untuk ototmu. Tubuh itu sangat adaptif, tapi kamu juga harus tahu kapasitas mana yang bisa kamu lakukan atau tinggalkan. Kalau melebihi batas dari yang tubuhmu bisa tampung, maka latihanmu akan kontraproduktif sehingga menyebabkan penurunan massa otot. Kamu juga bisa mengalami perubahan mood, kelelahan, nyeri otot kronis dan juga cidera.

Jika kamu mengetahui bagaimana yang benar dan salah, kamu pasti bisa lebih efektif dalam fitnes yang sedang kamu jalani. Fokuslah pada tujuan utamamu melakukan fitnes. Jaga konsistensi dan tetap pada latihan normal akan membuatmu mendapatkan hasil yang kamu inginkan.