3 Tips Untuk Membentuk Otot Betis

3 Tips Untuk Membentuk Otot Betis

1. Jinjit
Berjinjit adalah latihan klasik untuk menguatkan betis. Latihan ini menggunakan berat tubuh Anda untuk memperkuat dan mengencangkan gastrocnemius dan soleus.

Mulailah dengan berdiri di dekat dinding untuk keseimbangan. Buka kaki selebar bahu Anda, dan pastikan pergelangan kaki, lutut, dan pinggul berada dalam garis vertikal untuk mencegah sendi Anda mengalami cedera. Kemudian tekan bola kaki (telapak kaki bagian depan) dari kedua kaki untuk mengangkat tubuh Anda ke atas. Jaga tubuh Anda tetap tegak lurus.

2. Mengangkat betis dalam posisi duduk
Anda dapat melakukan latihan ini di rumah atau di tempat gym pada mesin latihan betis. Latihan ini dapat berfungsi dengan baik pada gastrocnemius dan soleus.

Jika melakukannya di rumah:

Mulailah pada posisi duduk di kursi yang kuat dan kokoh dengan meletakkan kaki Anda di lantai. Jaga lutut Anda agar tidak maju atau mundur. Ambil dumbbell, kemudian genggam di tangan dan tempatkan di atas paha dekat lutut. Tekan bola kaki perlahan untuk menaikkan tumit setinggi mungkin. Selanjutnya turunkan perlahan-lahan dan ulangi.

3.Melakukan olahraga kardio
Mengambil bagian dari olahraga kardio berikut ini juga akan membantu Anda memperkuat dan mengencangkan betis:

  • Berlari, berjalan, dan mendaki gunung adalah latihan penguat betis yang sangat baik, terutama ketika Anda menanjak. Semakin curam dakian, maka semakin banyak betis Anda bekerja.
  • Melakukan olahraga seperti sepak bola, basket, dan tenis, membutuhkan kegiatan termasuk berlari, melompat, dan mendorong otot betis untuk berakselerasi atau mengubah arah dengan cepat. Jadi, mereka sangat bagus untuk mengencangkan betis.
  • Step class dan jenis tarian lain akan membuat betis Anda bekerja setiap kali Anda melangkah naik dan turun atau menekuk dan mendorong lutut Anda dari posisi tinggi ke posisi rendah.
  • Berenang membuat otot betis dan otot kaki lainnya bekerja. Olahraga ini baik dilakukan untuk menghindari gerakan berlari atau melompat. Karena ia berdampak rendah, maka itu merupakan cara yang aman untuk menguatkan betis Anda ketika Anda baru pulih dari cedera.
  • Lompat tali membangun otot sambil memberikan latihan kardiovaskular. Menurut majalah Muscle and Fitness, otot utama yang berperan besar dalam lompat tali adalah betis. Mulailah melakukan lompat tali selama 1-3 menit.